PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SERTA PERAN PUSTAKAWAN DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA DIGITAL


 PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN SERTA PERAN PUSTAKAWAN DALAM PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI ERA DIGITAL
Tugas : Sumber Informasi Elektronik
Dosen Pengampu : Parhan Hidayat M.Hum

553px-Logo_UIN_Syarif_Hidayatullah_Jakarta.jpg
 












Oleh :
Rahmitha Prisilia
NIM. 11170251000080


PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN
FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2018


I.              Pendahuluan
Tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi informasi menjadi berkembang sangat pesat seiring dengan berkembangnya zaman. Berkembangnya teknologi informasi juga seiring dengan berkembangnya perpustakaan yang menerapkan teknologi informasi dari waktu ke waktu. Perpustakaan mengalami perkembangan mulai dari perpustakaan tradisional, perpustakaan terotomasi hingga sampai ke perpustakaan digital dan perpustakaan hibrida. Meskipun mengalami perubahan dari waktu ke waktu perpustakaan tetap mempunyai fungsi sama yaitu mengumpulkan, mengolah, menyimpan, dan memberikan informasi bagi para pemustaka seperti yang dijelaskan dalam UUD tentang perpustakaan “ Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.” 1
 Banyak pertanyaan mengenai fungsi dan keberadaan perpustakaan dimasa depan nanti, karena dimasa sekarang orang lebih sering menggunakan fasilitas internet untuk masuk ke mesin pecarian paling populer di dunia yaitu google, semua informasi dapat dengan mudah didapatkan melalui internet. Pertanyaan-pertanyaan itu dapat muncul karena banyak orang masih berfikiran bahwa perpustakaan adalah hanya tempat untuk menyimpan buku.

II.           Pembahasan

A.            Perkembangan Teknologi Informasi

Pada era globalisasi ini telah banyak kemajuan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh banyak masyarakat, terutama pada bidang ilmu. Teknologi informasi telah dikenal sejak tahun 1970-an yang dimulai dari adanya telegram kemudian berkembang ke Facimile (Fax) dan berlanjut dengan adanya email dan voice mail. Pengertian Teknologi Informasi  berdasarkan  British Advisory  Council  for  Applied Research and Development (Dalam  Zorkoczy,  (1990:  12) ialah   meliputi  bidang-bidang  ilmu pengetahuan, teknologi dan perekayasaan serta teknik-teknik pengelolaan yang  digunakan  dalam penanganan  dan pengolahan informasi ,  penerapan  bidang  dan  teknik  tersebut,  komputer  dan interaksinya dengan manusia dan mesin, masalah  sosial  ekonomi  serta   budaya  yang  berkaitan. Teknologi informasi sendiri mempunyai fungsi-fungsi diantaranya, untuk meringankan beban kerja, dapat efisien dalam menghemat waktu dan tenaga staff, dapat membangun jaringan kerja sama, dan mengatur informasi yang ada di dalam lembaga informasi agar dapat ditemu balik.
Perkembangan tekonologi sangatlah berpengaruh pesat terhadap perkembangan perpustakaan. Perpustakaan sebagai sumber informasi harus lah up to date dalam pelayanannya. Dulu perpustakaan berbasis manual dan sekarang sudah berbasi teknologi. Penerapan teknologi informasi merupakan suatu perubahan layanan dimasyarakat yang mendorong perpustakaan untuk melakukan modernisasi pelayanan dan menerapkan teknologi informasi dalam kesehariannya.
Perkembangan teknologi informasi pada perpustakaan di mulai dari masa pra komputer, yang dimana pada masa itu perpustakaan masih menggunakan mesin ketik manual, dan kemudian ada mesin ketik listrik (elektronis) dan selanjutnya sekitar tahun 70-an mulai ada komputer walaupun hanya bisa digunakan offline. Pada akhir 1980 hingga awal 1990-an muncul katalogigasi dan kemudian bisa diakses secara online yang menggantikan katalog fisik di perpustakaan. Kemudia semakin meningkatnya pertumbuhan teknologi perpustakaan sudah menggunakan komputer yang berbasis online yang terhubung ke ke berbagai jaringan di dunia dan terhubung dengan berbagai website di dunia.
Disamping layanan dasar pada koleksi buku fisik teknologi informasi datang menjadi pelengkap layanan perpustakaan. Ditengah gempuran informasi multimedia di masyarakat teknologi dapat menyelamatkan koleksi atau setidaknya tetap membuat perpustakaan tetap eksis. Belum semua perpustakaan menerapkan teknologi informasi di perpustakaan, padahal seharusnya perkembangan teknologi informasi ini diharapkan mampu mempermudah pekerjaan di bidang perpustakaan. Misalnya, perpustakaan konvensional tidak mampu mengikuti perubahan dan perkembangan teknologi dimasyarakat  dan lambat laun perpustakaan ini akan ditinggalkan oleh pengguna yang  bukan tidak mungkin pula perpustakaan ini lama kelamaan akan punah. Agar hal ini tidak dapat terjadi perpustakaan harus memiliki kemauan dan kemampuan untuk beradaptasi pada tekonologi. Perpustakaan sebagai lembaga informasi harus menunjukan diri sebagai institusi yang penting dalam membangun pengetahuan dan proses informasi melalui berbagai media.

B.            Keberadaan Perpustakaan Di Era Digital
          Perpustakaan ialah suatu lembaga penyedia informasi mulai dari menghimpun, mengolah, sampai penyebaran informasi. Kemampuan pustakawan merupakan faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya perpustakaan dalam menjalankan fungsi dan tugasnya. Perpustakaan sendiri ialah tempat dimana tersedia berbagai macam bahan penerbitan baik yang berbentuk cetak dan non cetak yang diatur dengan suatu sistem tertentu untuk keperluan informasi ilmiah, populer, dan umum. Keberadaan perpustakaan pada suatu masyarakat modern diera digital ini sangatlah penting karena kebutuhan yang tinggi akan informasi yang dapat menunjang segala kegiatan, aktivitas pendidikan, perkembangan dan penelitian kebudayaan, sosial, dan ekonomi. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berjalan dengan sangat cepat hampir keseluruh bidang kehidupan manusia yang juga mempengaruhi dalam dunia kerja perpustakaan. Pemanfaatan teknologi yang tepat akan membawa perubahan yang baik yang menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas layanan dan operasional dibidang perpustakaan.
          Di era digital tentunya banyak materi perpustakaan yang tersedia dalam bentuk digital, tetapi dengan tidak meninggalkan materi tercetak seperti buku, majalah dan lainnya. Karena masih perlunya pemustaka dalam menggunakan bahan tercetaknya, kemajuan teknologi juga sudah sangat menyebar harga komputer pun sekarang sudah semakin murah sehingga banyak perpustakaan yang sudah mampu membeli komputer dan memasang sambungan telefon yang dapat memungkinkan perpustakaan menghubungi perpustakaan lain.

C.           Perkembangan Teknologi Informasi Terapan Di Perpustakaan
Perkembangan teknologi informasi membawa banyak perubahan pada perpustakaan mulai dari manual sampai dengan bantuan komputer. Dengan kemajuan teknologi informasi dapat dilakukan dengan beberapa sistem seperti akuisisi, sirkulasi, pengkatalogan, pengaksesan katalog oleh umum atau yang biasa di sebut dengan OPAC (Online Public Access Katalog) dan juga peminjaman antar perpustakaan.  Otomasi perpustakaan dari segi etimologi  berasal  dari    bahasa   Inggris   yaitu Library  Automation.  Kata   Automation   di  dalam   Microcomputer   dictionary   berarti   : 
 1)        Perubahan  dari  suatu  proses  atau  prosedur  secara  otomatis;    
 2)        Pelaksanaan   prosesdengan   sarana-sarana   otomatis.
Secara umum ada  tiga generasi Otomasi Perpustakaan, yaitu:
Generasi I  :  Otomasi  aktivitas-aktivitas  pemrosesan,  seperti  akuisisi  dan  pengatalogan  ditambah dengan pengendalian sirkulasi.
Generasi II : Pengembangan  dan  pemasangan  sistem   yang   terintegrasi   termasuk OPAC (Online Public Access Catalog)
Generasi  III  :  Dibangun   Local   Area   Network (LAN)   dengan   kemampuan   komputasi   dan komunikasi pada stasiun kerja individu.
Dengan kemajuan teknologi informasi penelusuran kembali informasi atau temu kembali informasi juga mengalami kemajuan dengan menggunakan sarana-sarana elektronik seperti menggunakan pangkalan data lokal, menggunakan CD-ROM, dan menggunakan jaringan Wide Area Network (WAN).

D.       Peran Pustakawan Di Era Digital
Pustakawan sebagai salah satu unsur utama dalam sebuah perpustakaan diharapkan mampu memiliki keahlian yang memadai serta mampu menggunakan teknologi informasi dan terus meningkatkannya dalam menghadapi persaingan di era digital. Pustakawan harus mampu menjadi jembatan masa lalu dan masa yang akan datang, menjadi guru, manager, atau pekerja informasi (pengetahuan), menjadi organisator sumber-sumber kerja sama, penasehat untuk kebijakan publik, menjadi partner masyarakat, berkolaborasi dengan penyedia sumber-sumber teknologi, menjadi penyaring sumber-sumber informasi, teknisi, serta menjadi konsultan informasi individu2.
 Menurut Hasim dan Mokhtar agar berhasil di era digital pustakawan harus mempunyain kemampuan  dalam dua kategori, yaitu profesional dan personal.3 Kemampuan profesional ialah mencakup isi pengetahuan dan kemampuan seperti dapat mendesain layanan informasi, efisien dan efektif dalam hal biaya layanan informasi, mampu mengorganisasikan dan menyebarkan informasi kepada pengguna, serta mengevaluasi iuran penggunaan informasi dan pelayanan yang sesuai. Kemampuan personal ialah mencakup kompetensi yang dihadirkan dilingkungan layanan pelanggan seperti, fleksibel, kemampuan komunikasi yang baik, kerja tim, prilaku yang positif, keinginan untuk mencari peluang dalam pembelajaran yang sedang berlangsung.



Daftar Pustaka
Abbas, J. (1997) The Library Profesion And The Internet : Implications and Scenarios For Change. (http://edfu.lis.uiuc.edu/review/5/abbas.htm)
Diah Hapsari, Tantangan dan Kompetensi Pustakawan di Era Digital, Surakarta: Jurnal Pustaka Ilmiah, edisi 1, vol.1, h. 55-60, 2015.
Elok Setyorini, Peran Pustakawan di Era informasi.http://repository.unair.ac.id/58961/1/PERAN%20PUSTAKAWAN%20DI%20ERA%20INFORMASI.pdf [ article accessed May 30 2018]
Hasim, L. b., & Mokhtar, W. N., Preparing New Era Libraries and Information Professional :Trend and Issue. International Journal of Humanities and Social Science Vol.2 No.7, 151-156.
Jurnal Pustaka Ilmiah, UPT Perpustakaan UNS, Vol. 1, No.1, Desember 2015
Nuning Kurnisih, Kualifikasi Perpustakaan Di Era Digital, Universitas Padjajaran, Agustus 2015.
Parhan Hidayat, “Bersaing Dengan Google : Bagaimana Perpustakaan Tetap Unggul Dalam Pencarian Informasi”, Al-Maktabah, Vol.14, h. 38-45, Desember 2015.
Sri Ati Suwantu, Teknologi Informasi Untuk Perpustakaan Dan Pusat Dokumentasi Dan Informasi, Universitas Diponegoro, 2015. https://www.researchgate.net/publication/267224638  [accessed  May 30 2018].
Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan (Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2013)
Syihabuddin Syah, Penerapan TIK Untuk Menunjang Kinerja Pustakawan, Skripsi S1, Makasar : UIN Alauddin, 2013.
Zorkozcy, Peter. Information technology : an introduction. London : Pitman Pushishing, 1990.
 

Footnote
1 Republik Indonesia, UU No.43 tahun 2007 tentang Perpustakaan
2 Abbas, J. (1997) The Library Profesion And The Internet : Implications and Scenarios For Change. (http://edfu.lis.uiuc.edu/review/5/abbas.htm)
3 Hasim, L. b., & Mokhtar, W. N., Preparing New Era Libraries and Information Professional :Trend and Issue. International Journal of Humanities and Social Science Vol.2 No.7, 151-156.


Komentar

  1. Menurut saya tulisan ini sudah bagus dengan penggunaan sumber-sumber data seperti literatur dan juga jurnal ilmiah. Selain itu substansinya yang singkat, padat dan jelas membuat para pembaca menjadi mudah memahaminya. Serta tak lupa penulisan sumber-sumber dari literatur dan jurnal ilmiah dalam daftar pustaka ini juga sudah cukup baik. Semoga ke depannya penulis dapat mengembangkan tulisannya agar lebih baik lagi dari yang sebelumnya 😊

    BalasHapus
  2. Tulisan ini bagus, dipaparkan dengan singkat namun isi nya jelas
    Dan dapat dipercaya karena sumber tertera serta berdasarkan jurnal ilmiah&buku.

    BalasHapus
  3. Tulisan ini bagus, dipaparkan dengan singkat namun isi nya jelas
    Dan dapat dipercaya karena sumber tertera serta berdasarkan jurnal ilmiah&buku.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Preservasi Koleksi Bahan Pustaka Di Beberapa Perpustakaan Yang Ada Di Indonesia

Perpustakaan di Era Digital

PERKEMBANGAN PERPUSTAKAAN MODERN DI ERA DIGITAL